RANCANG STRATEGI AKUISISI DAN SOLUSI MASALAH TANAH ULAYAT

Padang, 27 Juni 2024. Dalam rangkaian acara bulanan Coffee Morning DPS, kali ini giliran DPW Sumatera Barat yang menjadi tuan rumah. Acara ini digelar via Online Zoom Live Meeting, dengan suasana santai namun tetap produktif, tujuannya yaitu memberikan wawasan baru dan solusi praktis bagi para developer properti syariah dalam mengakuisisi dan mengelola tanah di Sumatera Barat.

Acara dipandu langsung oleh Ketua DPW DPS Sumbar, Ustadz M. Yugi Prayoga. Banyak peserta yang antusias mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman terkait dengan permasalahan tanah di Sumbar.

Acara dimulai dengan pengantar kata dari Presiden dan Founder DPS, Ustadz Rosyid Aziz, yang memberikan pandangan mendalam tentang sistem kepemilikan tanah sesuai syariah. “Dalam Islam, kepemilikan tanah memiliki aturan yang jelas dan harus dipahami dengan baik oleh setiap individu, terutama oleh developer yang ingin berinvestasi di sektor properti,” ujar Ustadz Rosyid.

Selanjutnya, Dr. M. Arifin memberikan sharing session yang menjadi topik utama acara, yaitu tentang akuisisi lahan dan strategi penyelesaian sengketa tanah ulayat. Dalam penjelasannya, Dr. Arifin menekankan pentingnya ketelitian dalam mengetahui asal usul kepemilikan tanah. “Ketika mengakuisisi lahan di Sumbar, developer harus memahami jenis tanah yang ada, apakah itu tanah ulayat, tanah adat (kaum), tanah pribadi/waris, atau tanah milik pemerintah. Pemahaman terhadap adat dan silsilah pemilik tanah juga sangat krusial,” jelas Dr. Arifin.

Acarapun berjalan dengan lancar, dan diakhir sesi di adakan sesi tanya jawab peserta.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *