“TALKSHOW PROPERTY SYARIAH – CERMAT MEMILIH PROPERTY SYARIAH”

Yogyakarta, 6 November 2022. Dalam rangkaian kegiatan JOJGA HALAL FEST (JHF), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mengadakan “TALKSHOW PROPERTI SYARIAH” dengan Tema “Cermat Memilih Property Syariah”. Acara tersebut turut mengundang : Ir. H. Hardiana – Ketua Bidang Properti Syariah Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra), M. Arief G. Sungkar – Ketua Umum Asosiasi Developer Properti Syariah, dan Dr. Imam Teguh Saptono – Praktisi Keuangan Syariah serta dimoderatori Pak Ari Tri Priyono – Pengurus Pusat MES.

Pada acara ini Pak Arief diberikan kesempatan untuk menjelaskan tentang Asosiasi Developer Property Syariah (ADPS). Asosiasi Developer Property Syariah (ADPS) atau secara Komunitas Developer Property Syariah (DPS) ini sudah ada dari 2013. Perjalanan panjang dari kami ini sudah 8 tahun untuk menjalankan skema-skema syariah, bisnis yang kita jalankan ini memang agak berbeda dari bisnis-bisnis property yang konvensional. Jadi yang kita jalankan dari Akuisisi Lahannya, membangun unitnya, kemudian jual ke konsumen, itu semua tidak melalui perbankan. Konsumen bisa langsung transaksi dengan Developer. Bisa tenor 3 tahun, 5 tahun, 8 tahun, 10 tahun bahkan sampai saat ini bisa sampai 15 tahun. Jadi memang bisnis modelnya agak berbeda, sehingga ketika ingin menjalankan bisnis skema syariah harus tahu dulu ilmunya, tidak bisa asal menjalankan.

Dan ADPS memiliki target di tahun 2025 yaitu tercapainya 1 juta unit Property syariah. Tentu untuk mencapai target yang besar itu diperlukan upaya kolaborasi dan kerja sama diantara banyak pihak. Termasuk diantaranya : Masyarakat, Developer, Lembaga-lembaga keuangan syariah, serta pemerintah. Sudah ada beberapa Lembaga keuangan yang MoU dengan ADPS untuk menunjang tercapainya target ADPS di 2025 tersebut. Property Syariah sebagai alternatif dan solusi di tengah masyarakat yang banyak membutuhkan rumah tentunya dengan disesuaikan dengan akad-akad yang syar’i.

Forum tersebut berjalan dengan baik dan lancar dengan banyak pertanyaan yang disampaikan dari peserta yang datang. Semoga MES bisa memberikan pencerahan-pencerahan di tengah masyarakat dengan acara-acara serupa kedepannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.